News Update :

m-Commerce Tokobagus Meningkat 300% Saat Lebaran

Minggu, 26 Agustus 2012

Aktivitas jumlah pemudik lebaran di 2012 yang meningkat ternyata juga berimbas pada peningkatan aktivitas penggunaan e-commerce di dunia maya, khususnya yang menggunakan fasilitas mobile. Lonjakan tajam ini turut dirasakan situs jual beli Tokobagus.com, yang mengalami peningkatan trafik pengunjung dari mobile handset hingga tiga hingga empat kali lipat dibandingkan masa lebaran tahun sebelumnya.

Menurut Ichwan Sitorus, PR Manager Tokobagus.com di sela kegiatan pantauan arus balik 2012, tahun lalu rata-rata pengunjung Tokobagus selama libur lebaran per harinya hanya mencapai 70 ribuan, namun tahun ini pada momen yang sama pengunjung meningkat hingga mencapai 300 ribuan per harinya.

"Sehingga terlihat ada peningkatan lebih dari 300% bagi pengunjung Tokobagus.com via mobile atau m.tokobagus.com," ujarnya, Sabtu (25/8/2012).

Masyarakat Indonesia terutama yang melakukan kegiatan mudik, menurut Ichwan, sudah semakin keranjingan e-commerce, dengan memanfaatkan layanan mobile commerce. "Mereka mengakses situs kami via smartphone seperti lewat ponsel BlackBerry," jelasnya.

Namun jika dibandingkan dengan trafik hari biasa, m-commerce Tokobagus di hari lebaran tidak mengalami lonjakan signifikan, bahkan trennya cenderung turun. Ichwan mengakui, saat lebaran terutama saat H-7 hingga H+7 memang terjadi penurunan jumlah pengunjung.

"Kalau rata-rata pengunjung mobile Tokobagus.com pada hari-hari biasa mencapai 350 ribu hingga 400 ribuan pengunjung per-harinya, namun saat masa lebaran tidak mencapai jumlah sebanyak itu," akunya.

"Penurunan pengunjung baik pengakses lewat mobile maupun yang menggunakan personal computer di masa lebaran memang wajar, mengingat user disibukkan dengan kegiatan liburan panjang. Namun melihat peningkatan pengakses mobile Tokobagus.com yang tinggi di masa lebaran tahun ini dibanding tahun lalu, sudah menjadi sebuah catatan positif tersendiri bagi kami, bahwa masyarakat Indonesia kini sudah semakin piawai mengakses e-commerce secara mobile," jelasnya panjang lebar.

Dari sisi positifnya, menurut dia, hal ini juga membuktikan bahwa platform e-commerce sudah semakin memasyarakat. "Terutama di masa lebaran mereka juga mau memanfaatkan layanan mobile Tokobagus.com yang memang sudah diluncurkan sejak 2010 ini," pungkas Ichwan.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright BERITA SAAT INI 2010 -2011 | Design by Berita Baru | Published by Berita | Powered by Blogger.com.